Sunday, January 27, 2013

pengertian teks recount beserta contohnya


  1. Definisi dari Recount/ Definition of Recount 


Recount adalah sebuah teks yangmemberitahukan tentang kejadianatau pengalaman di masa lampau.
  • Orientasi: Memperkenalkanpara pelaku, tempat dan waktu 
  • Kejadian: Menggambarkanserangkaian peristiwa yang terjadi di masa lalu 
  • Resolusi: Ini adalah opsional.Menyatakan komentar pribadi penulis cerita 
Text:


Bus was Flowing Right BehindMeI stayed a night at Sakhuwa ofGati VDC because a landslidenear Baseri had blocked the road,The next morning, I hopped ontothe bus with registration numberBa 2 Kha 4013 that was on theway to Barhabise from Tatopani.I took a seat by the doorside andremember that there were around35 passengers, including me. Thedriver started the bus. A kilometerinto the journey, I noticed a ditchon the road.The driver tried to avert theditch. Before I could know whatwas going on, the bus startedhurtling towards the Bhotekoshi.I had given up hope of surviving,but found a ventilator glass broken.I came out of the shattered glassand plunged into the Bhotekoshi.The river carried me for about 35kilometers and left me on theshallow surface. I passed outafter that. The rescuers took meto a hospital when I regainedconsciousness.I heard later that all except fourpassengers had survived. I havesustained injuries on the face,hands and other body parts.Nonetheless, I feel that survivingwas my destiny.

artinya :

Bus Berlalu Tepat di BelakangkuAku tinggal semalam di Sakhuwadari Gati VDC karena longsordekat Baseri telah memblokirjalan, Keesokan paginya, akumelompat ke bus dengan nomorregistrasi Ba 2 Kha 4013 yangberada di jalan untuk Barhabisedari Tatopani.Aku duduk dengan doorside daningat bahwa ada sekitar 35penumpang, termasuk saya. Sopirbus mulai. Sebuah kilometer kedalam perjalanan, saya melihatsebuah parit di jalan.Sopir berusaha menghindari parit.Sebelum aku bisa tahu apa yangterjadi, bus mulai meluncur ke Bhotekoshi tersebut.Aku telah memberikan harapanuntuk bertahan hidup, tetapimenemukan gelas ventilator rusak.Aku keluar dari kaca hancur danjatuh ke Bhotekoshi tersebut.Sungai membawa saya untuksekitar 35 kilometer danmeninggalkan saya di permukaandangkal. Aku pingsan setelah itu.Para penyelamat membawa sayake rumah sakit ketika saya sadar.Saya mendengar kemudian bahwasemua kecuali empat penumpangselamat. Saya telah menderitaluka pada wajah, tangan danbagian tubuh lainnya. Meskipundemikian, saya merasa bahwahidup adalah takdir saya.



Cr: Berbagai SumberTranslated by:translate.google.com